Penyebab Kamera Smartphone Apple iPhone Lebih Baik Dibanding Smartphone Android

Terkadang ada pengguna yang lumayan kebingungan memilih perangkat Apple iPhone ataukah smartphone Android. Bila dibanding harga, smartphone keluaran Apple memang lebih mahal ketimbang smartphone berbasis Android.

Sebaliknya bila melihat spesifikasinya, smartphone Android dapat dibilang mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibanding smartphone berbasis iOS ini.

Seperti pada bagian kamera, perangkat smartphone Android rata-rata mempunyai resolusi yang besar. Sebaliknya Apple iPhone relatif mempunyai kamera dengan resolusi yang tidak terlalu besar. Tetapi uniknya hasil foto dari kamera iPhone umumnya lebih baik dari hasil foto kamera smartphone Android.

Kira-kira mengapa hasil foto Apple iPhone masih lebih baik dibanding dengan hasil foto smartphone Android. Padahal dari besaran resolusi saja smartphone Apple ini dapat dikatakan kalah dari smartphone berbasis Android.

Resolusi lebih kecil, tetapi sensor lebih besar



Bila dibanding dengan smartphone berbasis Android, resolusi kamera dari Apple iphone memang lumayan tertinggal. Apple iphone masih membawa resolusi Kamera mulai dari 8MP sampai 12MP. Sebaliknya smartphone Android terkini saat ini malahan telah membawa resolusi kamera sampai 108MP.

Sesungguhnya ada sebab tertentu kenapa iPhone masih memakai resolusi kamera yang kecil. Ternyata dibanding memperbesar resolusi kamera, Apple lebih fokus untuk memperbesar ukuran sensor. Langkah ini dinilai jauh lebih efisien dibanding dengan memperbesar ukuran resolusi kamera.


Seperti yang berlangsung pada perangkat iPhone 5S. Saat perangkat di kelasnya telah mulai membawa resolusi kamera mulai dari 10MP sampai 13MP, iPhone 5S masih memakai kamera dengan resolusi sebsar 8MP.
Tetapi sebagai gantinya Apple malah memperbesar ukuran sensornya 15 persen lebih besar dibanding dengan perangkat iPhone generasi terdahulu. Dari ukuran 1.4 mikron menjadi 1.5 mikron. Dan hasilnya teruji efisien, hasil foto dari iPhone 5S dinilai lebih baik bila dibanding dengan hasil foto smartphone Android dengan kamera beresolusi 10MP.

Ukuran sensor ini memang lumayan mempengaruhi dalam proses pengambilan gambar, makin besar ukuran sensor maka makin banyak pula tangkapan cahaya yang berhasil diambil sehingga hasil bidikannya akan nampak lebih bening dan pula bisa menurunkan noise.

Prosesor buatan sendiri

Perangkat Apple iPhone terkadang dikatakan sebagai perangkat smartphone yang lumayan ekslusif. Hal ini disebabkan Apple kerap memproduksi sendiri komponen-komponen yang disematkan pada smartphone adalannya ini.

Malahan sampai prosesor yang dipakai oleh iPhone langsung diproduksi sendiri oleh Apple. Lantaran ini pula Apple lebih diberikan keleluasaan untuk meningkatkan beberapa macam fitur yang dimiliki oleh perangkat iPhone, tergolong fitur kamera.

Seperti saat Apple menjadikan prosesor A7, Apple membekali prosesor ini dengan fitur Image Signal Processor. Fitur ini dibikin tersendiri untuk mengolah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan gambar. Seperti menjalankan color correction, setting white balance, mengubah format dan masih banyak tugas yang lain.

Sebaliknya untuk prosesor A9, Apple kembali menyisipkan fitur terkini yang diberinama Live Photos. Fitur terkini ini sanggup menghasilkan photo bergerak mirip format GIF. Photo ini diklaim seolah-olah terasa jelas dan hidup walaupun pada kenyataannya cuma sebuah tangkapan kamera. Pemakaian prosesor buatan sendiri pula kabarnya menjadi salah satu sebab kenapa harga smartphone keluaran Apple ini lebih mahal dari perangkat pesaingnya.

Pihak Apple pun menyatakan bila flash dengan format True Tone ini dapat menghasilkan 1000 ragam warna yang menyerasikan dengan sumber cahaya. Selain itu pula dapat menghasilkan skin tone dari objek menjadi lebih alami.

Lantaran ini tidak heran bila hasil foto iPhone tetap alami, baik dalam keadaan full cahaya atau sedikit cahaya bila dibanding dengan hasil foto smartphone Android.

Fitur tersendiri

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Graham Townsend sebagai Senior Director of Camera Hardware, bila iPhone memakai sistem stabilisasi optik tersendiri yang sanggup bergerak lebih cepat saat membidik. Kecepatan membidik ini bisa menjadikan hasil foto lebih bagus dan lebih mantap.

Apple memang sudah mempersiapkan banyak sekali staff pengembang supaya kualitas foto kamera iPhone dapat setara dengan hasil foto kamera profesional. Walaupun memang sampai saat ini masih belum seluruhnya dapat dikatakan bila hasil foto iPhone sejajar dengan kamera professional.

Bagaimana? Jadi sekarang anda lebih tertarik dengan Apple iPhone ataukah dengan smartphone Android. Memang bila memilih iPhone anda mesti merogoh isi saku lebih dalam, lantaran harga smartphone keluaran Apple ini termasuk lebih mahal.

Sumber www.lastinf.com Jauhi mod jahat berbahaya yang mengisi perangkat Anda dengan IKLAN TIDAK DIINGINKAN! Saya selalu memberikan layanan berkualitas tanpa trik jahat untuk mendapatkan uang. Kami ingin Anda bahagia, itulah tujuan kami. Anda pasti dapat mengunduh App kualitas di appadroidku.com
Chat Disini Jika ada Link yang Rusak/Broken Contact
Disqus Comments