Peneliti Peringatkan Pada jaringan 5G

Peneliti Peringatkan Pada jaringan 5G - Menjelang peluncuran protokol jaringan 5G yang canggih, para peneliti telah mengungkapkan kerentanan semata dalam jaringan yang memungkinkan untuk memata-matai data melalui gelombang udara.

Sebuah makalah penelitian oleh para peneliti dari Universitas Teknik berlin, ETH Zurich dan Sintef Digital Norway merinci ancaman privasi dengan jaringan 5G. Kerentanan tersebut mempengaruhi Otentikasi dan Perjanjian Kunci yang memastikan ponsel Anda berkomunikasi dengan aman dengan jaringan seluler, Laporan Cnet.
Baca Juga: Jaringan 5G Atau Generasi Kelima Dari Jaringan Seluler

Kerentanan keamanan memungkinkan peretas atau pencuri data untuk mencuri informasi dari gelombang udara 5G seperti jumlah panggilan yang dilakukan, pesan teks yang dikirim, dan sebagainya. Meskipun para peneliti menguji ancaman pada jaringan 4G yang ada, serangan itu dapat berlaku untuk jaringan 5G begitu tersedia.

Ancaman ini bertentangan dengan perlindungan yang seharusnya diberikan oleh 5G terhadap International Mobile Subscriber Identity atau IMSI catchers yang meniru menara seluler untuk memata-matai ponsel dengan koneksi yang lebih lama. Karena kerentanan telah ditemukan jauh sebelum peluncuran protokol, para peneliti mungkin dapat memperbaiki celah tersebut. 5G dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir 2019.
Disqus Comments