Cara Optimalkan PC Untuk Game


1. Optimalkan PC Anda untuk Game.

Mengoptimalkan PC Anda untuk bermain game bisa menjadi tugas yang menakutkan terutama jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat keras internal, sistem operasi, dan konfigurasi PC Anda secara keseluruhan. Sebagian besar pengembang game menerbitkan satu set persyaratan sistem minimum dan yang direkomendasikan yang menguraikan jenis perangkat keras apa yang diperlukan agar game dapat berjalan pada level yang dapat diterima.

Sebenarnya tidak ada persyaratan untuk mengatasi ini dan mengoptimalkan PC Anda untuk panduan gaming tidak akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat PC lama menjalankan game baru yang tidak memenuhi persyaratan sistem minimum.

Anda tidak dapat membuat PC berusia 10 tahun menjalankan rilis baru terbaru atau blockbuster anggaran besar dengan grafis high-end dan model shader terbaru tidak peduli berapa banyak penyetelan dan optimasi yang Anda lakukan. Jadi mengapa game Anda tidak berjalan dengan lancar saat game Anda memenuhi atau bahkan melebihi persyaratan sistem minimum dan yang disarankan?

Langkah-langkah berikut akan membawa Anda melalui beberapa tips dan rekomendasi dasar untuk mengoptimalkan PC Anda untuk bermain game sehingga Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari perangkat keras dan membuat game Anda berjalan kembali dengan lancar. Ini berguna untuk mereka yang memiliki PC yang sudah tua yang hanya memenuhi persyaratan minimum.

2. Kenali Perangkat Keras PC.

Titik awal untuk mengoptimalkan PC Anda untuk bermain game adalah memastikan bahwa PC Anda memenuhi atau melampaui persyaratan sistem minimum yang dipublikasikan. Sebagian besar pengembang atau penerbit menyediakan persyaratan sistem minimum dan yang disarankan untuk membantu gamer dalam menentukan apakah rig mereka dapat menangani permainan.

Itu bukan untuk mengatakan bahwa PC yang memiliki perangkat keras di bawah persyaratan minimum tidak dapat menjalankan game, berkali-kali mereka bisa, tetapi faktanya adalah Anda kemungkinan besar tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman bermain game Anda jika grafisnya gagap setiap beberapa detik.


Jika Anda membuat PC gaming sendiri atau setidaknya memilih perangkat keras yang terpasang, maka Anda mungkin tahu persis apa yang dijalankan PC Anda, tetapi jika Anda seperti banyak dan membeli PC rak permainan yang tidak dikenal, Anda mungkin tidak tahu konfigurasi perangkat keras yang tepat.

Windows menyediakan berbagai metode untuk melihat perangkat keras apa yang diinstal dan dikenali oleh sistem operasi, tetapi itu agak kikuk dan tidak lurus ke depan. Untungnya ada beberapa aplikasi dan situs web yang dapat membantu Anda menentukan ini dengan cukup cepat.

Belarc Advisor adalah aplikasi Windows dan Mac kecil yang dapat diinstal dan dijalankan dalam waktu kurang dari lima menit. Ini memberikan banyak informasi tentang perangkat keras dan sistem operasi yang diinstal pada PC Anda termasuk CPU, RAM, kartu grafis, HDD dan banyak lagi. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk membandingkan dengan persyaratan sistem game yang diterbitkan untuk menentukan apakah PC Anda mampu menjalankannya.

CanYouRunIt oleh System Requirements Lab menyediakan solusi satu klik sederhana untuk menentukan apakah PC Anda dapat menjalankan game tertentu. Meskipun sebenarnya ada lebih dari satu klik yang diperlukan karena penginstalan aplikasi kecil, ini agak mudah digunakan. CanYouRunIt menganalisis perangkat keras PC Anda dan sistem operasi membandingkannya dengan persyaratan sistem permainan yang dipilih dan memberikan peringkat untuk setiap persyaratan.

3. Perbarui Driver Grafis & Optimalkan Pengaturan Graphics Card.

Salah satu tugas pertama untuk memeriksa daftar Anda ketika mencoba mengoptimalkan PC Anda untuk bermain game adalah memastikan bahwa card grafis Anda diperbarui dengan driver terbaru. Sebagai titik fokus untuk pengalaman bermain game Anda, penting untuk selalu memperbarui kartu grafis Anda. Gagal melakukannya adalah salah satu penyebab utama buruknya kinerja PC saat bermain game.

Baik Nvidia dan AMD / ATI menyediakan aplikasi mereka sendiri untuk mengelola driver kartu grafis dan mengoptimalkan pengaturan, Nvidia GeForce Experience dan AMD Gaming Evolved. Pengaturan dan rekomendasi pengoptimalan mereka didasarkan pada banyak informasi yang telah mereka kumpulkan selama bertahun-tahun untuk berbagai jenis konfigurasi perangkat keras.

Memiliki driver terbaru bahkan dapat membantu meningkatkan kinerja game lama juga.

Mengoptimalkan frame rate kartu grafis Anda juga merupakan cara yang baik untuk mengejar ketika mencari peningkatan kinerja.

Ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan untuk mengubah pengaturan kartu grafis dan overclocking untuk meningkatkan kinerja. Ini termasuk MSI Afterburner yang memungkinkan Anda melakukan overclock GPU, EGA Precision X, dan Gigabyte OC Guru. Selain itu, ada program utilitas seperti GPU-Z yang memberikan rincian spesifikasi perangkat keras dan pengaturan card grafis Anda dan Fraps yang merupakan utilitas grafis yang menyediakan informasi kecepatan bingkai.


4. Bersihkan Startup dan Shutdown Anda Proses yang Tidak Perlu.


Semakin lama Anda memiliki PC, semakin banyak aplikasi yang cenderung Anda instal. Banyak dari aplikasi ini memiliki tugas dan proses yang berjalan di latar belakang meskipun program saat ini tidak berjalan. Seiring waktu tugas latar belakang ini dapat mengambil sumber daya sistem yang cukup tanpa sepengetahuan kami.

Beberapa tips umum yang harus diikuti ketika bermain game meliputi: menutup semua aplikasi terbuka seperti browser web, program MS Office atau aplikasi lain yang sedang berjalan, sebelum memulai permainan. Ini juga selalu baik untuk memulai permainan dengan reboot baru dari PC Anda. Ini akan mengatur ulang sistem Anda ke konfigurasi startup dan menutup semua tugas yang tersisa yang mungkin terus berjalan di latar belakang setelah program ditutup. Jika ini tidak membantu meningkatkan permainan Anda, Anda ingin beralih ke serangkaian tips dan rekomendasi berikutnya

Kill Proses yang Tidak Perlu di Windows Task Manager

Salah satu cara tercepat untuk meningkatkan kinerja PC Anda adalah dengan membersihkan semua program dan proses startup yang Anda rasa tidak perlu dijalankan setiap kali PC Anda aktif. Windows Task Manager adalah tempat pertama untuk memulai dan merupakan tempat Anda dapat mengetahui apa yang sedang berjalan dan menggunakan sumber daya CPU dan RAM.

Task Manager dapat dimulai dengan beberapa cara, yang termudah adalah dengan mengklik kanan pada Task Bar di Windows 7 dan memilih Start Task Manager. Setelah dibuka, navigasikan ke tab "Proses", yang menunjukkan semua program yang mendasari dan proses latar belakang yang saat ini berjalan di PC Anda. Jumlah proses sebagian besar tidak relevan karena kebanyakan dari mereka memiliki memori dan jejak CPU yang cukup kecil.

Penyortiran berdasarkan CPU dan Memori akan menunjukkan kepada Anda aplikasi / proses yang menggunakan sumber daya Anda. Jika Anda mencari untuk mendapatkan dorongan segera, mengakhiri proses dari dalam Task Manager akan menghapus CPU dan Memori, tetapi itu tidak melakukan apa pun untuk mencegah tugas-tugas latar belakang dari memulai lagi pada restart Anda berikutnya.

Pembersihan Program Startup

Untuk mencegah program dan proses dari memulai setiap kali Anda me-restart PC Anda memerlukan beberapa perubahan pada Konfigurasi Sistem. Tekan Windows Key + R Key untuk membuka jendela Run Command dan dari sana masukkan "msconfig" dan klik "OK" untuk membuka jendela System Configuration.

Dari sini klik pada Tab "Layanan" untuk melihat semua program dan layanan yang dapat diatur untuk dijalankan ketika Windows mulai. Sekarang jika Anda ingin menghentikan setiap aplikasi pihak ketiga / proses dari berjalan saat start up cukup klik pada "Sembunyikan semua layanan Microsoft" dan kemudian klik "Nonaktifkan Semua", sesederhana itu.

Jika Anda seperti kebanyakan dari kita, ada beberapa program yang Anda ingin tetap berjalan di latar belakang sehingga lebih baik untuk menelusuri setiap daftar dan menonaktifkannya secara manual. Setelah Anda menyelesaikan reboot diperlukan untuk perubahan yang berlaku. Di Windows 8 / 8.1 program startup ditemukan sebagai tab baru di dalam jendela Task Manager daripada konfigurasi sistem seperti pada Windows 7.

Aplikasi untuk Membebaskan Sumber Daya Sistem untuk Permainan

Jika Anda lebih memilih untuk meninggalkan program dan proses startup seperti itu maka opsi lain untuk meningkatkan kinerja PC Anda yang mencakup penggunaan aplikasi pihak ketiga. Di bawah ini secara singkat merangkum beberapa aplikasi ini dan apa yang mereka lakukan:

CCleaner - CCleaner adalah aplikasi yang menghilangkan misteri pembersihan registri, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membersihkan kunci registri Windows & entri yang tersisa dari aplikasi yang dihapus. Ini juga membersihkan berbagai jenis file sementara, memori dump dan banyak lagi yang semuanya dapat berkontribusi memperlambat PC.

Razer Game Booster - Jika Anda tidak ingin melakukan perubahan pada konfigurasi startup Anda Game Booster dari Razer adalah alat untuk Anda. Ini membantu Anda mengelola sumber daya computer Anda, memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi dan mengoptimalkan pengaturan PC Anda berdasarkan game yang Anda mainkan sehingga berjalan dengan kinerja optimal. Ini juga mencakup fitur tambahan seperti tangkapan layar tangkapan layar, defrag HDD, dan kecepatan bingkai.

MSI Afterburner - MSI Afterburner adalah utilitas overclocking card grafis yang sepenuhnya gratis untuk diunduh dan dijalankan dan dapat digunakan dengan card grafis kapan pun. Overclocking bisa menjadi tugas yang sulit tetapi Afterburner menyajikannya dalam format yang sederhana.
Spybot, Malware Bytes, atau Program Anti Malware - Malware adalah salah satu masalah paling umum dalam menurunkan kinerja PC. Menjalankan pemindaian rutin menggunakan aplikasi Anti-Malware seperti Spybot atau Malwarebytes akan sangat membantu menjaga PC Anda.

Ini hanya segelintir dari aplikasi yang paling terkenal dan yang akan membantu meningkatkan kinerja PC Anda baik untuk bermain game maupun penggunaan secara keseluruhan. Informasi lebih lanjut tentang sistem operasi Anda dan perangkat keras situs About.com termasuk situs Windows dan Situs Tinjauan PC.

5. Defrag Hard Drive.

Catatan: Informasi di bawah ini tidak berkaitan dengan solid state drive. Disk defragmentasi tidak boleh dilakukan pada SSD.

Hard disk drive adalah aspek potensial lain dari PC Anda yang dapat menyebabkan kelambatan seiring waktu karena kapasitas dan fragmentasi disk. Secara umum, ketika ruang penyimpanan hard disk kosong Anda mencapai sekitar 90-95% kapasitas ada potensi bagi sistem Anda untuk mulai melambat.

Ini disebabkan oleh memori virtual yang merupakan ruang sementara pada HDD yang dialokasikan ke sistem operasi sebagai "ekstra" RAM / memori untuk digunakan CPU. Walaupun memori virtual dari HDD Anda jauh lebih lambat daripada RAM, terkadang diperlukan saat menjalankan aplikasi yang intensif memori. Melakukan pembersihan umum yang melibatkan pembersihan file internet sementara, file windows sementara dan program tidak lagi digunakan adalah cara terbaik untuk membebaskan ruang dengan cepat tanpa harus membeli hard drive tambahan atau penyimpanan cloud.

Disk fragmentation terjadi melalui penggunaan umum PC Anda. Ini termasuk menginstal / mencopot aplikasi, menyimpan dokumen dan bahkan menjelajahi Web. Dengan drive hard disk, data disimpan pada disk fisik yang berputar, dari waktu ke waktu data tersebar di seluruh piringan disk yang dapat membuat waktu baca disk menjadi lebih lama.

Defragging HDD Anda mengatur ulang data internal pada piringan-piringan disk, menggerakkannya menjadi lebih dekat sehingga meningkatkan waktu baca. Ada sejumlah aplikasi pihak ketiga seperti Defraggler dan Auslogics Disk Defrag tetapi alat defragmenter disk dasar Windows benar-benar yang Anda butuhkan. Untuk mengakses Windows Disk Defragmenter, klik pada menu mulai dan masukkan "defrag" di bilah pencarian. Dari jendela yang terbuka Anda dapat menganalisis atau memulai defragging.

6. Upgrade Hardware

Jika semuanya gagal, bukti lengkap untuk meningkatkan kinerja PC Anda saat bermain game adalah dengan memutakhirkan perangkat keras. Terlepas dari CPU dan Motherboard, sebagian besar perangkat keras dapat ditukar dan ditingkatkan menjadi sesuatu yang lebih cepat ( Ganti baru ). Pembaruan perangkat keras yang dapat meningkatkan kinerja game termasuk peningkatan ke hard drive Anda, card grafis, dan RAM.

Baca Juga : Windows 10 Pro Final Version

Tingkatkan Hard Drive Anda menjadi Solid State Drive Solid state drive telah turun harganya selama beberapa tahun terakhir menjadikannya terjangkau bagi lebih banyak orang. Untuk game yang dipasang pada SSD akan melihat peningkatan segera dalam startup dan memuat kali. Satu kekurangannya adalah bahwa jika drive OS / Primer Anda adalah HDD, maka Anda mungkin melihat beberapa hambatan dengan sistem operasi.

Tingkatkan Graphics Card atau Tambahkan Pengaturan Multi-Graphics Card Memutakhirkan Graphics Card PC Anda akan membantu dalam rendering dan animasi gambar dan memungkinkan pergerakan yang halus, kecepatan frame tinggi, dan grafik resolusi tinggi. Jika Anda memiliki motherboard dengan banyak slot PC-Express maka Anda dapat menambahkan beberapa kartu grafis menggunakan Nvidia SLI atau AMD Crossfire.

Menambahkan Graphics Card kedua atau bahkan ketiga atau keempat akan meningkatkan kinerja, card harus identik dan tergantung pada usia card Anda, Anda mungkin mendapatkan pengembalian yang semakin berkurang. Itu adalah beberapa kartu grafis "lama" yang mungkin masih lebih lambat daripada Graphics Card tunggal yang lebih baru.

Tambah atau Tingkatkan RAM Jika Anda memiliki slot RAM yang tersedia, menginstal DIMMS baru akan membantu menghilangkan lag selama bermain game. Ini terjadi ketika RAM Anda hanya memenuhi atau sedikit di bawah persyaratan minimum yang disarankan untuk RAM. karena proses permainan dan latar belakang yang diperlukan akan bersaing untuk sumber daya yang sama.

Meningkatkan kecepatan RAM Anda juga merupakan cara lain untuk meningkatkan kinerja. Ini dapat dilakukan dengan membeli RAM baru yang lebih cepat atau dengan overclocking. Jika RAM 4GB masih Lag Ganti RAM dengan 8GB

Semoga Bermanfaat
Disqus Comments